1801411673
Pengantar
Selasa(5/11) Pagi hari pukul tujuh, TK Primagama Pamulang menyambut kedatangan kami dengan hangat. Oleh karena berbagai keterbatasan, tim kami hanya dapat mengajar sebagian saja, yaitu sejumlah 5 orang pengajar dan 1 orang dokumenter. Pagi itu juga, tim pengajar kami ditugaskan sejumlah 3 orang untuk mengajar kelompok TK B dan 2 orang untuk mengajar TK A. Proses belajar mengajar berlangsung dengan baik dan lancar, didukung oleh seorang guru pendamping di masing - masing kelas. Kelas dimulai pukul 8 pagi hari dan diawali dengan senam pagi yang dipimpin oleh para guru TK Primagama Pamulang.
Program yang Telah Dilaksanakan:
TK A
Pengenalan Warna dan Hewan
Siswa didik dikenalkan dengan berbagai gambar berbagai macam hewan dan warna, setelah itu dilanjutkan dengan praktek langsung, yaitu penugasan siswa didik untuk menggambar secara mandiri hewan sesuai imajinasinya dan mewarnainya dengan alat warna yang tersedia.
Pengenalan Bentuk Geometris (Persegi, persegi panjang, lingkaran dan segitiga)
Siswa didik tidak hanya diajarkan nama - nama bentuk dalam bahasa Indonesia saja, tetapi juga dalam bahasa Inggris. Pengenalan dilakukan dengan dua metode, yaitu dengan sistem demonstrasi penggambaran di papan tulis disertai penjelasan dan dengan cara bermain tebak - tebakan bergilir. Kedua metode ini dijalankan secara berturut - turut untuk memudahkan anak murid dalam menguasai materi.
TK B
Pengenalan Warna
Pengenalan warna dilakukan dengan memberikan kebebasan bagi anak murid untuk berekspresi, anak murid diberikan kebebasan untuk mengambil warna yang menjadi warna kesukaannya dari kotak krayon dan ditugaskan untuk menggambar secara bebas pada kertas yang sudah disediakan.
Setelah itu, tim pengajar memperkenalkan pencampuran warna kepada anak murid, dimulai dengan demonstrasi dan dilanjutkan dengan eksperimen mandiri oleh anak murid.
Program pengenalan warna diakhiri dengan kegiatan outdoor, siswa - siswi diajak untuk mengenali warna - warna di area taman. Metode pengajaran yang digunakan pada kegiatan ini berorientasi pada kuis dan permainan,
Pengenalan Bentuk dan Hewan
Siswa - siswi diperkenalkan dengan bentuk - bentuk pola geometris (Persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga, dll.). Kegiatan ini dijalankan beriringan dengan pengajaran bentuk hewan, yaitu dengan mengkombinasikan pola - pola geometris yang ada menjadi suatu bentuk hewan. Metode pengajaran yang digunakan adalah demonstrasi langsung yang dilanjutkan dengan penugasan mandiri kepada masing - masing anak murid.
Program Umum (Kombinasi TK A & B)
Seusai kegiatan - kegiatan utama, tim pengajar kami mempersembahkan sebuah drama singkat yang mengangkat nilai berbagi dengan sesama dan menghindari perselisihan.
Nilai Pancasila yang Ditanamkan
- Melalui drama singkat, tim pengajar hendak menyampaikan dua nilai bagi anak - anak murid, yaitu nilai keadilan dan nilai persatuan. Nilai - nilai ini sejalan dengan sila 2 dan 3. (Kemanusiaan yang adil dan beradab serta persatuan Indonesia)
Pengalaman yang Mengesankan:
- Melalui kegiatan ini, nampak jelas bahwa anak - anak yang masih belia pun memiliki karakter yang unik dan berbeda - beda.
- Terkadang, untuk menarik perhatian anak didik dibutuhkan metode - metode tertentu.
- Anak didik terlihat begitu bersemangat ketika menyaksikan drama singkat, mereka bahkan mendekat dari tempat duduknya semula. Apresiasi mereka terhadap pertunjukan sederhana ini sangat besar.
Fasilitas
TK Primagama merupakan TK dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai. TK ini memiliki fasilitas taman bermain dengan permainan yang cukup bervariasi, perpustakaan mini untuk membiasakan budaya membaca bagi para anak muridnya, serta fasilitas lainnya seperti mainan, balok susun, dan berbagai perangkat lain yang disimpan di tempat yang diberi nama 'Pusat Sumber Belajar'.
Gallery foto
No comments:
Post a Comment