Sunday, November 30, 2014

Mengajar di TK Pertiwi, Pamulang

Albert Setiawan 
1801397574

Selasa, 25 November 2014



Lokasi  Mengajar: Tk Pertiwi, Pamulang

di kelas yang saya ajar, terdiri dari 17 murid  dan 2 guru pembimbing, kebetulan saya mendapat kelas yang bisa dibilang mayoritas anaknya sangat aktif dan tidak malu-malu untuk bertanya ataupun menjawab pertanyaan yang dilontarkan ke mereka. meskipun terkadang sangat iseng, tetapi mereka termasuk anak-anak yang cerdas meskipun susah untuk diatur.

  • MATERI: 
  1. pengenalan terhadap buah-buah: di sesi ini anak-anak harus bisa berhasil menebak gambar buah yang sudah tersedia,ada sepuluh buah dan setelah bisa menjawab semua, akan ada games singkat dimana dalam satu kelas dibagi dua tim dah mereka harus berlomba untuk mendapatkan poin, dan grup yang memiliki paling banyak poin akan medapatkan berupa hadiah kecil yaitu gambar-gambar buah itu sendiri.
  2. Percobaan sains mini: di aktifitas ini, anak-anak akan bisa mencoba sebuah percobaan kecil dengan alat bantu penggaris plastik dan juga sobekan kertas kecil. mereka harus mengosok penggaris yang sudah disediakan dengan cepat supaya menhasilkan semacam electromagnetic force yang bisa membuat sobekan kertas kecil tersebut menempel dengan penggaris itu meskipun bukan magnet. 

  • LAPORAN: kelas dimulai dengan berdoa dan setelah itu berbagai tepuk supaya bisa menarik perhatian anak-anak supaya bisa fokus ke kita. lalu saya dan saffanah memperkenalkan diri dan lalu bercakap-cakap dengan anak-anak untuk merilekskan diri terlebih dahulu sebelum memulai kelas. lalu masuklah kita pada materi pertama yaitu perkenalan dengan buah, dengan cepat mereka sudah tahu beberapa jenis  buah yang kami berikan dan membuat kami cukup takjup dengan perkembangan mereka. lalu kami pun membuat mini game dimana kelas akan dibagi dua group dan mereka harus berlomba untuk mendapatkan poin supaya bisa mendapatkan hadiahnya, dengan ini kami harapkan bisa membuat anak lebih percaya diri dan tidak malu-malu untuk menjawab. karena menangani anak-anak yang sangat aktif tentunya kami cukup sulit untuk menenangkan mereka satu persatu supaya bisa melanjutkan materi yang diberikan. satu aktivitas ini sudah memakan 1 jam 30 menit dan kami pun harus berhenti karena mereka harus istirahat, dan kami pun melakukan materi kedua setelah istirahat di luar kelas. setelah istirahat terlihat anak-anak mulai bersemangat lagi dan kami pun terasa lebih akrab dengan anak-anak di kelas tersebut dan aktivitas yang ini membuat anak-anak sangat penasaran untuk mengetahui cara kerja penggaris platik yang  bisa berkerja sebagai magnet. meskipun kita gagal setelah beberapa kali percobaan, 15 menit sebelum jam 11 pun kami berhasil melakukannya dikarenakan rambut harus kering dan tak boleh lembah. tentunya untuk mengakhiri materi kita berdoa menandakan bahwa kelas sudah usai.

  • NILAI PANCASILA:  di kelas yang kita ajarkan, terkandung sila ke 1, 3, 5. sila pertama karena kelas dimulai dengan dipanjatkan nya dulu doa sebelum memulai aktivitas dan sesudahnya. sila ketiga dikarenakan dikelas yang terdiri dari anak-anak yang memiliki perbedaan pendapat dan kerpercyaan bisa berkumpul dengan senang tanpa ada pertengkaran. lalu sila kelima dikarenakan manusia termasuk juga anak-anak memiliki hak yang rata untuk mengumumkan pendapatnya masing-masing.

  • FASILITAS: memiliki ruangan yang mendukung serta lingkungan yang asri serta beberapa alat- alat peraga yang membantu seperti perosotan serta alat-alat yang lain yang mampu menunjang kemampuan motorik mereka, serta terlihat beberapa anak dipanggil untuk mengikuti lomba tertentu untuk meningkatkan skill anak tersebut serta rasa percaya diri.

  • FOTO-FOTO:







No comments:

Post a Comment