Wednesday, November 26, 2014

Laporan Kegiatan PAUD di TK Primagama

Nama: Stella Adeline
NIM  : 18013 813 04
Tanggal: Selasa, 5 November 2014
Lokasi PAUD: TK PRIMAGAMA

Dari 10 anggota tim, hanya 6 orang yg dikirim ke TK ini karena keterbatasan jumlah kelas. 5 orang menjadi pengajar dan 1 orang menjadi documenter itu.
Dari 5 orang itu, 3 orang, termasuk saya mengajar kelas TK B, sementara 2 orang lain mengajar kelas TK A.

Laporan Kegiatan:
  1.   Perkenalan: Saya dan dua orang rekan lainnya memperkenalkan diri kami pada anak-anak dan guru pendamping mereka. 
  2.  Pengenalan warna: Kami mengajari anak-anak warna dasar, menyuruh mereka memilih warna favoritnya, lalu menggunakan campuran 2 warna (color mixing) untuk mengambar bebas.Anak-anak kami ajak untuk melakukan kegiatan di luar kelas, yaitu menebak warna dari benda-benda di lingkungan sekitar mereka. Dalam kesempatan ini anak dilatih untuk jujur dan tidak curang dalam permainan, dan kami juga mengajarkan beberapa kosakata Bahasa Inggris dan istilah baru dalam warna seperti, tosca, hijau tua, merah bata, dll.
  3. Pengenalan bentuk: Dua orang rekan saya mengajar bentuk-bentuk geometris datar seperti pesergi, segitiga, lingkaran, oval, persegi panjang. Setelah itu kamu menyuruh mereka menggambar binatang dengan menggunakan bentuk-bentuk geometris dasar yang sudah diajarkan. 
  4. Drama: Kami mengumpulkan anak-anak kelas TK B dan TK A di satu tempat yang sama, lalu kami dan rekan pengajar kelas TK A mempertunjukan drama singkat mengenai pentingnya berbagi dan mengalah dengan teman. 
  5. Penutup: Selesai drama, kami pun menutup acara dengan mengucapkan salam perpisahan dengan anak-anak, lalu melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan dengan anak-anak serta para staf TK( guru dan kepala sekolah). Setelah anak-anak kembali ke kelas kami menyerahkan buku sumbangan ke kepala sekolah.
Hasil:
  • Kami berhasil menyampaikan materi wajib dengan baik dan lancar.
  • Suasana belajar berlangsung dengan baik dan komunikatif.
Pengalaman berkesan:
  • Belajar membujuk anak yang ngambek karena tak mau kembali ke kelas, dan ada yang ngambek dan hanya berdiri di pojok kelas sehingga harus dibujuk oleh guru pendamping.
  • Belajar sabar menghadapi tingkah anak-anak dan tetap ceria apapun yang terjadi.
Nilai Pancasila yang diterapkan:
  • Pada dasarnya semua sila diterapkan selama pembelajaran, tapi yang menonjol adalah nilai dari sila ke 2 dan 3. Sebab kita mengajari anak-anak untuk tetap kompak, saling menghargai dan mengalah antar teman, serta berbagi dan bersikap adil/ menghormati hak orang lain.
  • Saling berbagi dan bersikap adil dengan hak setiap orang merupakan penerapan dari sila ke 2.
  • Kekompakan, saling menghargai dan mengalah/ toleransi merupakan penerapan sila ke 3.
Foto-foto kegiatan:






No comments:

Post a Comment